Cara Membuat Bot Telegram 

  • Bagikan

Aplikasi telegram sedang naik daun. Banyak orang mulai mencoba aplikasi yang satu ini untuk berkirim pesan, video, gambar, dan suara. Meski memiliki kemiripan konsep dengan aplikasi chat yang lainnya, tapi telegram punya satu keunggulan khusus, yaitu bisa menjaga privasi para penggunanya.

Karena itulah, banyak orang beralih ke aplikasi telegram dibanding yang lainnya. Nah, kalau Anda mau tahu cara membuat bot telegram, Anda bisa simak caranya di bawah ini!

Buatlah Channel Telegram

Untuk membuat bot telegram, Anda harus melakukan cara membuat bot telegram seperti ini:

  • Bukalah menu bernama Hamburger di bagian kiri atas aplikasi telegram. Jika sudah, pilih ikon bergambar siaran untuk membuat dan memulai channel baru.
  • Setelah selesai, buat nama saluran Anda sendiri sesuai dengan nama yang Anda inginkan. Jika Anda ingin membuat channel seputar sepak bola, buatlah channel yang berhubungan dengan klub bola favorit Anda.
  • Kemudian, deskripsikan channel Anda sesuai dengan tujuannya. Lalu atur kegunaan channel Anda. Apakah mau Anda gunakan untuk publik atau pribadi, Anda bisa memilih salah satunya.

Gunakan BotFather

Nah, cara membuat bot telegram selanjutnya adalah dengan menggunakan BotFather. Apa itu BotFather?

BotFather adalah fitur membuat bot telegram tanpa harus menggunakan kode-kode coding. Kok bisa? Tentu saja bisa! Anda bisa terapkan cara berikut ini untuk membuat bot telegram:

  • Cari fitur BotFather di kolom pencarian telegram. Jika sudah ketemu, klik fitur bot tersebut. Untuk membuat bot baru, Anda harus mengetikkan perintah atau new bot. Jangan lupa untuk memberi nama pada bot baru Anda supaya mudah dicari.
  • Pemberian nama pada bot baru Anda bisa terdiri dari 5 sampai 32 karakter, asalkan harus diakhiri dengan akhiran bot. Misalnya, Anda memberi nama bot Anda dengan nama aiichanbot. Begitu seterusnya.
  • Jika sudah selesai, Anda akan menerima kode token API HTTP yang berguna untuk mengendalikan dan mengontrol bot Anda secara penuh. Semoga berhasil!

 

  • Bagikan