,

Cara Membuat Feed Instagram dengan Mudah

Posted by

Masuk ke dalam sebuah akun Instagram tak hanya cukup dengan sekadar memposting foto atau video biasa-biasa saja. Kamu harus menyiapkan posting yang menarik dan unik yang membuat followersmu tinggal klik “like” dan meninggalkan komentar. Maka, kamu harus mencari segala hal yang menunjukkan ketertarikanmu, menambahkan filter pada foto dan video, dan memilih caption/teks yang cocok yang akan memikat followersmu. Pastikan bahwa semua hal yang kamu posting merupakan sesuatu yang original dan tidak terlalu dipaksakan untuk membuat followersmu tertarik.

Agar lebih maksimal, kamu bisa membuat tema-tema tertentu berdasarkan postinganmu. Misalnya, kamu dapat membuat tiga postingan terkait topik yang sama. Hal itu akan membangun feed Instagrammu dengan lebih merata dan lebih mudah untuk dikenali oleh pengikutmu.

Postingan menarik ini juga akan membantu kamu memperoleh like dan komentar yang sangat berharga, yang akan membangun “kredibilitas sosial” milikmu dan menarik para pengikut baru untuk mengikuti akunmu.

Sejalan dengan itu, kamu juga harus memperhatikan jumlah postingan setiap hari. Tidak ada patokan yang pasti mengenai jumlah postingan di Instagram, tapi tidak di sarankan melakukan posting yang sangat banyak secara berlebihan. Kantor utama Instagram mengingatkan bahwa sebuah akun Instagram yang sukses tidak merusak peluang mendapatkan Like dan comment dengan terlalu banyak memposting perharinya. Konsistensi dalam frekuensi postingan adalah kunci utama keberhasilan di Instagram, maka dianjurkan untuk mem-posting secara teratur dan lebih seimbang agar tidak membuat kelelahan pada followers kamu.

Ketika followers kamu melihat postinganmu, mereka akan berasumsi bahwa kamu benar-benar orang yang mengisi waktu sehari-harimu dengan hal-hal yang menarik dan ingin membagikannya dengan mereka.

Kualitas Konten

Pada akhirnya, konten-lah yang menjadi penentu apakah seseorang mengikuti akunmu atau tidak. Karena itu, kamu harus memastikan bahwa kualitas kontenmu selalu terjaga dan menjual sesuatu yang baru dan menarik. Uji mencari apa yang paling sesuai dengan pengikut kamu dan ulangi pola tersebut. Ini juga berarti kamu harus menggunakan fitur-fitur kreatif seperti Instagram Story dan Instagram Live untuk mempertajam daya tarikmu pada pengguna Instagram.

Kualitas dari kontenmu dapat dilihat dari segi visualisasi, kontennya, dan performa dari hasil yang didapat. Studi menunjukkan bahwa gambar-gambar lebih popular daripada video, tetapi dengan acuan hubungan lewat Instagram Stories dari Instagram, kamu bisa menggunakan audisi kecil dan menghubungi pengikutmu segera setelah kamu merilis kontenmu.

Dalam membangun konten berkualitas, satu hal utama yang harus kamu perhatikan adalah keaslian dari kontenmu. Pengikutmu akan lebih menyukai konten yang original dan berbeda dari apa yang bisa mereka temukan di akun Instagram yang lain.

Instagram menjadi tempat untuk mereka yang lebih menyukai gambar dan video, membaca caption, tidak terlalu memikirkan panjang teks. Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkan visual seseorang di setiap postingan. Bermain dengan pencahayaan, warna dan anggapan yang terdapat pada gambar dan video untuk membuatnya semakin menarik!

Instagram terus melakukan perubahan dalam memperbarui fitur-fiturnya, dan terkadang fitur-fitur terbaru dapat membantu kontenmu menjadi lebih menarik, lebih kreatif, dan lebih bervariasi. Oleh sebab itu, kamu tidak hanya harus mempertimbangkan apakah konsep kontenmu asli, kamu juga harus mengikuti perkembangan update Instagram

Menggunakan Hashtag dan Caption yang Tepat

Hashtags dapat membantu akunmu ditemukan oleh orang-orang yang mencari konten yang sesuai dengan topik atau tren tertentu. Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan hashtag yang sesuai dengan postinganmu agar akunmu dapat lebih mudah ditemukan oleh orang-orang dan mengarahkan trafik ke akunmu.

Sebagai saran, lebih baik kamu tidak menggunakan hashtag yang terlalu umum jika kamu ingin lebih mudah ditemukan. Hashtag yang terlalu populer bisa membuat postmu tenggelam dan tidak terlihat. Untuk menemukan hashtag yang spesifik, kamu bisa mencari pekerjaan sejenis di Instagram atau bahkan bertanya pada temanmu. Carilah hashtag yang memiliki jumlah tag yang sedang atau bahkan kecil untuk mendapatkan lebih banyak eksposur bagi postinganmu.

Setelah kamu menambahkan hashtag dalam postinganmu, kamu juga harus menulis teks/keterangan yang menggambarkan gambar maupun video yang kamu sharable. Deskripsikan suasana hati kamu, penceritaan unik, atau kisah mengenai kontenmu. Tulislah caption dalam bahasa yang jelas agar mudah dipahami oleh pengikutmu. Akan tetapi, terkadang sederhana akan lebih baik daripada terlalu panjang atau dipaksakan.

Gunakan caption yang mengasyikkan atau mengandung humor untuk membuat pengikutmu tertarik. Atau kamu bisa meminta followersmu untuk meninggalkan komentar pada postinganmu.

Salah satu alternatif lain adalah menggunakan call-to-action. Dengan menggunakan kata atau kalimat seperti “swipe left to learn more,” atau “what do you think about this?” atau “tell us what you think in the comments,” maka followersmu dilibatkan lebih jauh dalam kontenmu dan menginspirasi mereka mengomentari, membagikan, menyimpan atau menyukaimu.

Gunakan Instagram Stories

Instagram Stories dapat membantu meningkatkan koneksi antara kamu dan pengikutmu. Jangan takut untuk memposting foto atau video yang lebih santai atau spontan pada Instagram Stories, kamu bisa mem-posting suatu acara atau kegiatan yang sedang kamu lakukan saat itu. Kamu bisa membuat video singkat yang humoris atau dibuat spontan saja yang menggambarkan kepribadianmu. Instagram Stories menampilkan pengikutmu bahwa kamu adalah orang yang normal, dan pengikutmu akan menghargai kemampuanmu membuka diri pada Sharing dan mengerti lebih dalam mengenai karakteristikmu.

Pengguna Instagram tertarik untuk melihat kehidupan sehari-hari seseorang. Dikarenakan Instagram membatasi durasi video hanya selama 15 detik, kamu tidak harus membuat konten yang terlalu rumit atau berlebihan.

Banyak fitur dan aksesoris yang membuat Instagram Stories jauh lebih fleksibel dan menarik. Dari penggunaan stiker hingga pengaturan musik latar, ada banyak cara untuk memberikan twist pada Stories yang kamu buat. Dalam satu postingan, gabungkan musik dengan video kreatif, stiker, dan teks, sehingga Storiesmu akan lebih kreatif dan bersahabat bagi pengikutmu.

Postingan ke Instagram Stories harus lebih jarang daripada postingan di Instagram, tetapi tetapnya, tetap perhatikan konsistensi dengan jumlah postingan setiap hari/hminggu/mingguan-bulanan agar feedmu tidak terkesan mati atau repostingan yang banyak.

Berinteraksi dengan Pengikutmu

Ketika pengikutmu mengunjungi halaman akunmu dan menemukan bahwa kamu sering melakukan interaksi dengan para pengikutmu, mereka akan merasa lebih dekat, dan itu akan membentuk hubungan yang lebih erat dengan kamu. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menyapa seseorang yang baru saja mengomentari postinganmu, dan ajak mereka untuk mengikuti akunmu jika mereka belum melakukannya.

Kamu bisa berinteraksi dengan pengikutmu dengan membalas komentar atau pesan yang mereka kirimkan mengenai akunmu. Mereka akan menghargai fakta bahwa kamu memedulikan masukan mereka dan terlibat secara langsung dengan mereka. Interaksi langsung dengan pengikut juga bisa menghasilkan inspirasi untuk postinganmu selanjutnya.

Mem-posting postingan lain pada hashtag dan mengomentari memiliki sebab utama untuk memperkenalkan dirimu pada orang baru dan memperbanyak pengikut. Carilah hashtag yang sesuai dan berkomentarlah pada postingan-user lain yang terkait dengan kontenmu. Ini akan memperlihatkan pada mereka, bahwa kamu benar-benar peduli membangun hubungan dan terlibat dalam komunitas.

Kerja sama dengan pengguna Instagram lain dengan merepost atau menyertakan akun mereka di post kamu, merupakan cara yang baik untuk memperoleh pengikut baru. Kerahkan kolaborasi Instagram dengan pengguna lain untuk membuat giveaway misalnya, atau dengan membuat sebuah Live Story bersama mereka. Hal ini dapat memperkenalkan brand kamu pada pengikut mereka dan memungkinkan komunitas kamu berkembang dengan lebih cepat.

Memiliki followers aktif dan pengikut setiap waktu tidak mudah. Namun dengan sabar, kreativitas, dan beberapa keterampilan yang tepat, kamu dapat membangun sebuah hubungan dengan followersmu dan membuat pengikutmu bertambah!

Gunakan Instagram Ads

Jika kamu memiliki anggaran iklan yang cukup, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan fitur Instagram Ads. Hal ini akan memperluas jangkauan akunmu sehingga orang-orang yang tidak mengikutimu dapat terpapar dengan kontenmu.

Dalam memperoleh hasil yang maksimal dari Instagram Ads, kamu harus memahami dan memilih target audience dengan tepat. Jangan melemparkan iklanmu ke semua orang. Cobalah memilih target audience yang lebih terfokus berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, preferensi, dan faktor lain yang relevan.

Setelah kamu memilih target audience, cobalah menggunakan iklan yang menarik untuk memikat mereka. Pilih gambar yang menarik yang dapat mencerminkan merekmu dan cobalah untuk menggunakan caption yang unik dan pemikat bagi viewer. Dalam memilih gambar, lebih baik jika kamu memilih sesuatu dengan visual yang menarik dan lebih mudah diingat oleh pengguna. Jangan sampai copywritingmu terkesan menyebalkan atau copy paste daripada menarik perhatian. Beyorkan pikiranmu dan kreativitas saat membuat caption iklanmu.

Instagram Ads membawa sangat banyak peluang, dalam memaksimalkan kesempatan untuk mengenalkan produk/bisnis kamu dengan penawaran promosi produk serta menambah awareness brand kamu . Kamu juga bisa membuat akun kamu lebih terkenal dengan menggunakan teknik-teknik marketing online dan membuat strategi Instagram yang efektif untuk berinteraksi dengan pengikutmu.

Instagram Ads merupakan cara untuk memikat lebih banyak pengikut dan meningkatkan jumlah penjualanmu. Jangan ragu untuk mencobanya jika kamu memiliki anggaran cukup dan saat yang tepat untuk iklan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *