Cara Mendapatkan EFIN Pajak Online

  • Bagikan
Cara Mendapatkan EFIN Pajak Online
Cara Mendapatkan EFIN Pajak Online

Dewasa ini teknologi digital sangat banyak memberikan dampak di berbagai sektor, salah satunya pada layanan di Direktorat Jendral Pajak (DJP). Layanan tersebut dikenal dengan nama DJP Online.

Layanan Pajak Online dibuat bertujuan mempermudah para wajib pajak untuk melakukan transaksi, seperti membayar pajak melaporkan SPT. DJP Online juga dapat Anda akses dengan mudah kapan dan di mana saja.

Jika Anda ingin menggunakan layanan ini, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online. Untuk membuat akun DJP Online sangatlah mudah.

Anda hanya harus menyiapkan beberapa syarat, salah satunya adalah membuat EFIN. Tanpa EFIN, Anda tidak bisa mengakses e-Filling yang ada di DJP Online.

Apa itu EFIN?

EFIN atau Elelctronic Filing Identification number adalah nomor identitas yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pajak untuk wajib pajak yang hendak melakukan transaksi elektronik.

Untuk melaporkan surat pemberitahuan tahunan atau SPT Pajak yang dilakukan lewat e-Filling serta pembuatan kode billing untuk membayar pajak.

Ada dua jenis EFIN, pertama EFIN pribadi, yakni nomor yang diberikan kepada wajib pajak orang pribadi atau yang sering disingkat sebagai WP OP.

Aktivasi ini tidak bisa diwakilkan ke orang lain.

Yang kedua EFIN badan merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak badan. Aktivasi EFIN badan dapat dilakukan oleh pengurus atau seseorang yang mewakili badan atau perusahaan.

EFIN badan biasanya digunakan oleh badan usaha seperti PT atau peseroan terbatas, badan usaha milik negara (BUMN), BUMND, BUMDes, firma, koperasi, yayasan, organiasi politik, dan beberapa badan resmi lainnya yang dikenakan pajak oleh Direktorat Jendral Pajak.

Apa Fungsi EFIN?

Untuk suatu institusi, EFIN ini digunakan untuk mengakses Pajak Online DJP milik Direktorat Pajak. Pertahankan kapasitas data perusahaan yang disita dalam sistem pajak manajemen umum. Bantu perusahaan dalam hal laporan pajak di masa depan dengan lebih mudah.

Data perusahaan akan disimpan dengan hati-hati pada sistem DGP pajak online. Tidak terlalu berbeda dari itu, EFIN pribadi juga bekerja, antara lain; Jauhkan data wajib pajak tidak terlempar. Keberadaan efek pajak ini harus menjadi solusi untuk menjaga kerahasiaan data.

Fungsi EFIN lainnya untuk pembayar pajak pribadi, termasuk memfasilitasi akses ke portal DJP Pajak Online. Tanpa EFIN ini, pembayar pajak tidak dapat mengakses portal. Cara menyimpan pajak online secara online untuk mendapatkan nomor EFIN tidak sulit.

Saat ini, bagaimana cara mendapatkan ephin tidak membutuhkan banyak waktu. Anda sangat sibuk tidak akan terganggu untuk mengurus nomor EFIN.

Anda dapat mendaftarkan EFIN secara online. Berikut adalah beberapa langkah untuk mendapatkan nomor EFIN

Permintaan Tahap Pertama yang perlu Anda lakukan ketika Anda ingin mendapatkan EFIN online, itu untuk mengunduh formulir aplikasi EFIN. Formulir dapat diunduh secara online di situs web resmi Kantor Pajak, yaitu Taxer.go.id.

Jika masuk ke halaman, Anda dapat mengakses formulir online EFIN, dan kemudian mengunduhnya dengan mengklik unduhan. Formulir online akan diunduh dalam format PDF. Formulir ini dapat digunakan untuk pembayar pajak pribadi, pembayar pajak, dan bendahara, serta kekuatan wajib pajak. Baca juga cara baru untuk mendapatkan EFIN melalui teknologi pengenalan wajah

Isi formulir online jika formulir telah diunduh, Anda dapat mengisinya segera. Beberapa data yang akan diselesaikan adalah jumlah utama wajib pajak (NPWP), nama lengkap, lokasi dan tanggal lahir, nomor ponsel aktif, alamat email (email) dan data pribadi lainnya. Khusus untuk kolom EFIN, Anda dapat mengosongkannya terlebih dahulu. Jika semuanya telah selesai, tambahkan tanda tangan di akhir formulir.Ambil gambar langkah selanjutnya yang membuat kondominium. Objek yang harus diambil termasuk foto formulir cetak yang diisi, foto selfie Anda sambil memegang kartu identitas (KTP) dan NPWP asli. Khusus untuk foto-foto dengan KTP dan NPWP, pastikan bahwa nomor identifikasi dan NPWP jelas dipertimbangkan karena agen akan memeriksa nomornya jika itu benar atau tidak.

Kirim file semua file yang disiapkan, dan kemudian dikirim melalui email ke layanan pajak dan alamat layanan KPP di mana Anda memiliki pajak terdaftar. Jika Anda tidak tahu ke mana harus mendaftar untuk KPP, Anda dapat memeriksa sesuai dengan nomor NPWP.

Untuk alamat E-mail KPP, Anda dapat menemukannya di mesin pencari. Semua KPPS memiliki situs dan media sosial. Di situs web, biasanya ada deskripsi alamat kantor dan alamat email. Anda juga dapat menghubungi media sosial secara langsung untuk meminta prosedur untuk mengirim file aplikasi EFIN online. Biasanya untuk ketentuan untuk prosedur pengiriman untuk file aplikasi EFIN, Anda dapat menggunakan subjek “aplikasi EFIN” dan sangat disarankan untuk mengirimkannya dalam jam kerja. Ini ditujukan untuk email untuk diperlakukan segera.

Tunggu email jawaban jika telah dikirim, Anda harus menunggu sebentar. Jika tidak ada jawaban, Anda dapat menghubungi KPP melalui media sosial yang mereka miliki.

Aktivasi EFIN Bagian ini adalah langkah terakhir dari proses mendapatkan EP online. Biasanya, setelah 24 jam, Anda akan mendapatkan email respons yang berisi kode EFIN. Hanya setelah masuk ke Portal Pajak DJP, klik pada bagian “Simpan di sini”.

Masukkan kode NPWP, EFIN, dan keamanan, lalu klik “Periksa”. Kemudian Anda dapat membuat kata sandi atau kata kunci untuk memasukkan halaman pajak online. Buka kembali email, lalu klik Tau

  • Bagikan