Cara Mengetahui Nama Kontak di Handphone Orang Lain

  • Bagikan
Cara Mengetahui Nama Kontak di Handphone Orang Lain
Cara Mengetahui Nama Kontak di Handphone Orang Lain

Melihat nama untuk kontak yang kita tambahkan ke daftar telepon memang hal mudah untuk dilakukan, tetapi bagaimana jika sebaliknya? Apakah itu memungkinkan untuk dilakukan?

Secara mendasar, handphone-handphone yang beredar sekarang ini masih menggunakan sistem operasi Android mau iOS. Yang mana di dalamnya, belum ada fitur khusus yang memungkinkan pengguna melihat nama kontak miliknya di perangkat orang lain.

Bahkan ketika hampir semua manufaktur handphone mengembangkan antarmukanya sendiri-sendiri, fitur semacam itu belum bisa ditemukan di berbagai macam bloatware yang sudah dikembangkan.

Sekelompok pengembang bernama Getverify LDA untungnya menawarkan sebuah aplikasi pemblokir spam panggilan telepon dan caller ID yang memiliki fitur unik dengan fungsi untuk melihat nama kontak di handphone orang lain.

Dengan menggunakannya, kamu bakalan bisa tahu sejumlah nama yang digunakan oleh teman, kerabat, hingga mitra kerja untuk nomor teleponmu di dalam kontak handphone mereka.

Bernama Getcontact, aplikasi tersebut kini tersedia di berbagai macam platform. Kamu di antaranya bisa mengunduhnya dari Google Play Store jika menggunakan handphone Android atau Apple Apps Store jika memakai iOS.

Penjelasan Tentang Getcontact

Berbagai macam kasus spam melalui panggilan telepon memaksa sejumlah pengembang untuk menciptakan aplikasi khusus sebagai antisipasi. Getverify LDA menjadi salah satu di antaranya melalui Getcontact sebagai produknya.

Getcontact adalah aplikasi yang secara teknis memanfaatkan crowd sourcing dari big data para penggunanya untuk mengidentifikasi identitas sebuah nomor telepon dan mengklasifikasikannya sebagai spam atau bukan.

Sederhananya, Getcontact akan membuat perpustakaan dari data-data pengguna. Ketika ada seseorang dengan nomor telepon tak dikenal menghubungi salah satu di antara mereka, sistem di dalamnya akan mencari informasi yang berkaitan dengan nomor itu.

Setelah selesai, pengguna pun dapat mengetahui apakah nomor itu merupakan spam atau bukan. Mereka pun dapat melihat berbagai macam penanda (tag) yang bisa digunakan untuk melihat identitas pemiliknya.

Yang membuatnya semakin menarik, aplikasi ini pun juga bakal mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan nomor sendiri sehingga bisa dipakai untuk mengecek nama kontak kita di handphone orang lain.

Cara Mengetahui Nama Kontak Kita di Handphone Orang Lain

  1. Download Getcontact melalui toko aplikasi di handphone kamu
  2. Jalankan aplikasi setelah terpasang
  3. Untuk pemakaian pertama kali, setujui kebijakan layanan dengan mengetuk tombol Agree & Continue
  4. Klik Start Now untuk memulai
  5. Pada halaman pengaturan Fast Call Card, klik Continue lalu pilih OK untuk menggunakan layar panggilan dari aplikasi atau Cancel jika tak menginginkannya
  6. Gunakan akun Facebook, Google, atau alamat email untuk masuk ke layanan
  7. Selanjutnya, klik tombol Quick Login via WhatsApp
  8. Kirim langsung draft pesan WhatsApp yang muncul tanpa mengeditnya
  9. Tunggu beberapa saat hingga layanan Getcontact membalas pesan
  10. Klik tautan yang ada di dalam pesan balasan jika sudah mendapatkannya
  11. Pilih paket yang ditawarkan oleh Getcontact Premium atau klik tanda silang di bagian atas untuk melewatinya
  12. Jika menggunakan Getcontact Premium, kamu akan menemukan informasi mengenai tag (termasuk nama kontak) dari nomormu di halaman utama
  13. Namun untuk pengguna biasa, kamu bisa mengetikan nomormu di kolom pencarian dan menekan tombol Search
  14. Klik opsi More Tags yang berikon tanda tagar

Tanpa menunggu waktu lama, berbagai macam nama kontak dari nomormu akan muncul. Jumlahnya tergantung pada seberapa banyak pengguna Getcontact yang pernah menyimpannya.

Sayangnya, tidak semua orang akan mau menggunakan Getcontact secara langsung. Isu keamanan privasi tentu menjadi salah satu hal yang tidak akan lepas dari layanan pihak ketiga seperti aplikasi ini.

Apakah Getcontact Aman Digunakan?

Untuk urusan ini, mari kita serahkan pada ahlinya. Yang mana di antaranya, kita bisa merujuk pada keterangan yang disampaikan oleh Alfons Tanujaya selaku salah satu pakar keamanan siber dari Vaksincom.

Menurut Beliau, Getcontact (dan Truecaller dalam pembahasannya) merupakan aplikasi yang aman untuk digunakan dan justru bisa sangat membantu para penggunanya.

Keterangan Alfons tersebut sejalan dengan ketentuan privasi yang diungkapkan oleh Getcontact dalam halaman kebijakan layanan saat pengguna pertama kali menjalankan aplikasinya.

Pada salah satu bagian isi kebijakannya, Getcontact memastikan bahwa mereka tidak akan mengunggah data-data di dalam kontak pengguna agar mudah ditemukan saat identifikasi maupun membuatnya menjadi publik.

Namun, semuanya tentu tergantung dari perspektif pengguna itu sendiri. Kamu bisa memanfaatkan maupun menggunakan cara lain untuk mengetahui nama kontak di dalam handphone orang lain.

Saya sendiri sudah mencari beberapa alternatif lain untuk hal ini dan tidak menemukannya selain menjahili teman satu per satu agar mau mengirimkan nama kontak kita secara tidak sadar.

Oleh karena itu jika kamu mempunyai cara yang lain, kamu bisa membagikannya di kolom komentar. Kamu pun bisa bertanya-tanya jika menemukan permasalahan saat menggunakan Getcontact melalui fitur tersebut.

  • Bagikan